Model Faktor Risiko Ibu Hamil di Kabupaten Lombok Barat

  • Metta Octora Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Rika Hastuti Setyorini Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Mayuarsih Kartika Syari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Ni Ketut Wilmayani Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Ika Primayanti Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan ibu hamil merupakan masalah kesehatan paling menonjol di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Masalah kesehatan ibu hamil terkait morbiditas dan mortalitas ibu dapat ditentukan antara lain dengan pendekatan skrining faktor risiko. Faktor risiko pada ibu hamil sangat penting diketahui karena dapat memberikan informasi mengenai kondisi kesehatan ibu, sehingga dapat dilakukan pengambilan keputusan yang bersifat preventif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model faktor risiko ibu hamil di Lombok Barat, yang akan dilanjutkan dengan pembuatan indeks. Penelitian akan dilakukan di Lombok Barat karena Lombok Barat termasuk wilayah dengan tingkat komplikasi kehamilan yang tinggi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional. Lokasi penelitian dilakukan pada empat puskesmas di Lombok Barat dari bulan Juni 2017- September 2017. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder dari buku kohort ibu yang ada di puskesmas.
Hasil: Pemodelan faktor risiko ibu hamil di Kabupaten Lombok Barat terutama dibentuk oleh indikator jumlah paritas, usia, hipertensi, interval persalinan, kehamilan multiple/gemeli, kehamilan posterm dan penyakit kronis, sedangkan indikator kurang energi kronis, anemia, tinggi badan, riwayat kehamilan buruk, riwayat SC kelainan besar janin dan kelainan letak janin tidak bernilai signiï¬kan dalam membentuk pemodelan faktor risiko ibu hamil di Kabupaten Lombok Barat.
Kesimpulan: Empat belas indikator yang digunakan pada penelitian ini memiliki korelasi dengan faktor risiko ibu hamil di Kabupaten Lombok Barat.

References

1. BPS, BKKBN, Kementerian Kesehantan. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta: BPS, BKKBN, Kementerian Kesehatan. 2013;.

2. Dinas Kesehatan Propinsi NTB. Profil Kesehatan Propinsi. Dinas Kesehatan Propinsi NTB. 2014;.

3. Dinas Kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Barat. Laporan Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak. Mataram. Dinas Kesehatan Propinsi Nusa Tenggara Barat. 2013;.

4. Kementerian Kesehantan. Rencana Aksi Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu di Indonesia. Jakarta: Direktorat Bina kesehatan Ibu Ditjen Bina Gizi
dan KIA Kementerian Kesehatan RI. 2014;.

5. Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Profil Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah. Dinas Kesehatan
Kabupaten Lombok Barat. 2013;.
Published
2018-03-28
Section
Research