STUDI PENDAHULUAN: UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK TERHADAP DEMAM BERDARAH PADA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM

  • Christabella Natalia Wijaya Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Dian Puspita Sari Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Dewi Suryani Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Abstract

Latar belakang: Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyebab kematian utama pada anak di Asia Tenggara. Upaya pencegahan DBD dapat dilakukan di sekolah baik oleh
guru atau siswa. Pengetahuan yang baik akan mempengaruhi sikap dan praktik yang menunjang upaya pencegahan DBD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
kuesioner dan melakukan uji validitas dan reliabilitas penilaian pengetahuan, sikap, dan praktik guru terkait DBD.

Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain potong lintang yang melibatkan 114 guru Sekolah Dasar di Kota Mataram. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri atas 5 bagian yaitu identitas responden, sumber informasi, pengetahuan, sikap, dan praktik tentang DBD.

Hasil: Pada uji validitas kuesioner pengetahuan didapatkan 17 item valid, 5 item tidak valid, dan 3 item memiliki variansi nol. Bagian sikap didapatkan 7 item valid, 6 item tidak valid,
dan 4 item memiliki variansi nol. Bagian praktik didapatkan 13 item valid, 1 item tidak valid, dan 3 item memiliki variansi nol. Uji reliabilitas didapatkan nilai Cronbach’s alpha bagian
pengetahuan 0,815, bagian sikap 0,547, dan bagian praktik 0,744.

Kesimpulan: Sebagian besar kuesioner ini sudah valid dan reliabel. Kuesioner yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup baik, terutama pada bagian pengetahuan; akan tetapi untuk dapat diimplementasikan dalam pengukuran di masyarakat, kuesioner ini masih memerlukan perbaikan terutama pada bagian sikap dan praktik.

References

1. World Health Organization. Comprehensive Guidelines for Prevention and Control of Dengue and Dengue Haemorrhagic Fever. [Internet]. 2011 [cited 20 June 2016]. Available from: http://apps.searo.who.int/pds_docs/B4751.pdf?ua=1

2. World Health Organization. Dengue: Guidelines for Diagnosis, Treatment, Prevention, and Control. [Internet]. 2009 [cited 14 June 2016] Available from: http://whqlibdoc.who.int/publications/2009/9789241547871_eng.pdf

3. Karyanti MR, Uiterwaal CS, Kusriastuti R, Hadinegoro SR, Rovers MM, Heesterbeek H, et al. The changing incidence of Dengue Haemorrhagic Fever in Indonesia: a 45-year registry-based analysis. BMC Infect Dis [Internet]. 2014 [cited 4 August 2016];14(1):412. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25064368

4. Dinas Kesehatan Kota Mataram. Perkembangan Sebaran Kasus DBD di Kota Mataram [presentasi yang belum dipublikasikan]. 2014. Mataram: Dinas Kesehatan Kota Mataram.

5. Pujiyanti A, Trapsilowati W, Suwasono H. Perbandingan Dua Metode Pembelajaran Tentang Demam Berdarah Dengue pada Guru Sekolah Dasar. Media Litbang Kesehatan. [Internet]. 2012 [cited 21 May 2016];22(4):173–80. Available from: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=71538&val=4883

6. Pujiyanti A, Pratamawati A. Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue Pada Komunitas. Vektora. [Internet]. 2014 [cited 6 June 2016] ;6(2):46–51. Available from: http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/vk/article/viewFile/3795/3654

7. Zohrabi M. Mixed Method Research: Instruments, Validity, Reliability and Reporting Findings. TPLS [Internet]. 2013 [cited 4 August 2016];3(2):254–62. Available from: http://ojs.academypublisher.com/index.php/tpls/article/view/9031

8. Heale R, Twycross A. Validity and reliability in quantitative studies. Evid Based Nurs [Internet]. 2015 [cited 13 July 2016];18(3):66–7. Available from: http://ebn.bmj.com/cgi/doi/10.1136/eb-2015-102129

9. Shuaib F, Todd D, Campbell-Stennett D, Ehiri J, Jolly PE. Knowledge, attitudes and practices regarding dengue infection in Westmoreland, Jamaica. West Indian Med. J. [Internet] 2010 [cited 31 May 2016];59(2):139–46. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2996104/pdf/nihms253772.pdf

10. Rahman, RTA. Analisis Statistik Penelitian Kesehatan (Prosedur Pemilihan Uji Hipotesis Penelitian Kesehatan). Bogor: Penerbit In Media; 201612

11. Boopathiraj C. Analysis of Test Items on Difficulty Level and Discrimination Index in the Test for Research in Education. IJSSIR. 2013 [cited 12 January 2017];2(2):189–93. Available from: http://indianresearchjournals.com/pdf/IJSSIR/2013/February/15.pdf

12. Badan Pusat Statistik. Mataram dalam Angka Tahun 2013 (Mataram In Figures 2013). Mataram: Badan Pusat Statistik Kota Mataram; 2013

13. Evroro, Sylvanus E. Item Analysis of Test of Number Operations. AJER. [Internet].

2015 [cited 26 January 2017] ;3(1):18–25. Available from: http://www.multidisciplinaryjournals.com/wp-content/uploads/2015/01/ITEMANALYSIS-OF-TEST-OF-NUMBER-OPERATIONS.pdf

14. Ercan I, Yazici B, Ocakoglu G, Sigirli D, Kan I. Review of Reliability and Factors Affecting The Reliability. Interstat Journal [Internet]. 2007 [cited 30 December 2016]. Available from: http://interstat.statjournals.net/YEAR/2007/abstracts/0704008.php

15. Roszkowski M, Soven M. Shifting Gears: Consequences of Including Two Negatively Worded Items in The Middle of A Positively Worded Questionnaire. Asses Eval High Educ [Internet]. 2010. [cited 3 February 2017];35 (1): 117-134. Available from: http://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?T=P&P=AN&K=49141997&S=R&D=ehh&EbscoContent=dGJyMNHr7ESep7c4xNvgOLCmr0%2Bep69Ss6a4TbaWxWXS&ContentCustomer=dGJyMOzprkixr69MuePfgey
Published
2018-12-14
Section
Research

Most read articles by the same author(s)