Correlation Between Coping Mechanisms and Stress Levels During Distance Lectures in Medical Education Study Program Faculty of Medicine University of Mataram

  • Lalu Wisnu R Danu Ningrat FK unram
Keywords: Stress Levels, Coping Mechanisms,distance learning

Abstract

Pendahuluan: Dunia saat ini sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19. World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global sejak 11 maret 2020 hingga saat ini. Salah satu bentuk upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran yang menyatakan agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun perguruan tinggi menggunakan metode dalam jaringan (daring) atau online. Masalah mental seperti stres kecemasan bahkan depresi semakin meningkat di masa pandemi ini kemudian Penyesuaian diri untuk mengatasi masalah stres dilakukan dengan mekanisme koping. 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pengambilan data secara cross-sectional. kuesioner yang digunakan adalah Medical Student Stressor Questionnaire (MSSQ) untuk tingkat stres dan Brief Cope Inventory untuk mekanisme koping.

Hasil: dari 188 responden, mahasiswa yang mengalami stres sedang memiliki persentase paling besar yaitu sebanyak 50,5% (95 orang), Selain itu didapatkan mekanisme koping yang paling banyak digunakan adalah Emotion Focused Coping yakni sebanyak 144 orang (76,6%) sedangkan yang memilih Problem Focused Coping sebanyak 44 orang ( 23,4%). Berdasarkan uji statistik yang dilakukan yakni menggunakan Chi-Square didapatkan nilai p sebesar 0,01, artinya (p< 0,05) hal ini menyatakan terdapat hubungan antara mekanisme koping dengan tingkat stres selama perkuliahan jarak jauh pada mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,22 dimana hal tersebut menunjukkan hubungan korelasi yang sangat lemah. 

Kesimpulan: Sebagian besar responden mengalami stres dengan tingkat sedang dan lebih banyak menggunakan Emotion Focused Coping 

Kata Kunci : Tingkat Stres, Mekanisme Koping, PJJ

References

1. Rondonuwu VWK, Mewo YM, Wungouw HIS. Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. J Biomedik Jbm. 2021;13(1):67–75.
2. Muhamad SV. PANDEMI COVID-19 SEBAGAI PERSOALAN SERIUS BANYAK NEGARA DI DUNIA Simela. 2021;
3. SATGAS COVID. data persebaran covid-19 [Internet]. 2021. 2021. Available from: https://covid19.go.id/
4. Hasanah U, Ludiana, Immawati, PH L. Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. J Keperawatan Jiwa [Internet]. 2020;8(3):299–306. Available from: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/5941
5. Fauziyyah R, Awinda RC, Besral B. Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. J Biostat Kependudukan, dan Inform Kesehat. 2021;1(2):113.
6. Maia BR, Dias PC. Anxiety, depression and stress in university students: The impact of COVID-19. Estud Psicol. 2020;37:1–8.
7. Fink G. Stress, Definitions, Mechanisms, and Effects Outlined: Lessons from Anxiety. Stress Concepts, Cogn Emot Behav Handb Stress. 2016;(October):3–11.
8. Harahap ACP, Harahap DP, Harahap SR. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns J Kaji Konseling dan Pendidik. 2020;3(1):10–4.
9. Livana, Mubin Mohammad Fatkhul & Basthomi Y. “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa. 2020;3(2):203–8.
10. Adiwaty MR, Fitriyah Z. Efektivitas strategi penyesuaian mahasiwa baru pada proses pembelajaran di perguruan tinggi. J Neo-Bis. 2015;9(1):87–97.
11. P SN, HP S, Aripin. KECENDERUNGAN DEPRESI PADA MAHASISWA BARU DITINJAU DARI STRATEGI KOPING DI AKADEMI KESEHATAN “RUSTIDA” BANYUWANGI Nantiya. :103–5.
12. Hanifah N, Lutfia H, Ramadhia U, Purna RS. Strategi Coping Stress Saat Kuliah Daring Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. J Psikol Tabularasa. 2020;15(1):29–43.
13. Fitriasari A, Septianingrum Y, Budury S, Khamida K. Stress pembelajaran online berhubungan dengan strategi koping mahasiswa selama pandemi covid-19. J Keperawatan. 2020;12(4):985–92.
14. Nasrani L, Purnawati S. PERBEDAAN TINGKAT STRES ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA PESERTA YOGA DI KOTA DENPASAR. 2020;
15. Lubis H, Ramadhani A, Rasyid M. Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia J Psikol. 2021;10(1):31.
16. Son C, Hegde S, Smith A, Wang X, Sasangohar F. Effects of COVID-19 on college students’ mental health in the United States: Interview survey study. J Med Internet Res. 2020;22(9):1–14.
17. Angelica Herna, Tambunan Evelyn Hemme. Stres Dan Koping Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. J Ilm Keperawatan Imelda [Internet]. 2021;7(1):28–34. Available from: https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/508/498
18. Agusmar AY, Vani AT, Wahyuni S. Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Heal Med J. 2019;1(2):34–8.
19. Patil SK, Patkar US, Patkar KU. Comparision of Levels of Stress in Different Years of M.B.B.S. Students in A Medical College - An Observational Study. Int J Contemp Med Res. 2016;3(6):1655–7.
20. Dewi SV, Handadari W. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. J Psikol Klin dan Kesehat Ment Tahun. 2018;Vol. 7:84–96.
21. Apriliana DN. Strategi Koping dan Stres Akademik Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. J Imiah Psikol. 2021;9(1):89–96.
Published
2022-06-30