HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN CITRA PUSKESMAS DI KOTA MATARAM

  • I Dewa Ayu Yulisa Prahasti Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Ardiana Ekawanti Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Arfi Syamsun Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Abstract

Latar belakang: Puskesmas merupakan akses pelayanan kesehatan pertama serta dibangun untuk menyelenggarakan pelayanan dasar, menyeluruh dan terpadu. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan mutu, pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan puskesmas bagi seluruh masyarakat. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan puskesmas melalui upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan akan mempengaruhi persepsi pasien terhadap citra Puskesmas di Kota Mataram. Berdasarkan laporan kunjungan pasien puskesmas tahun 2011 di Kota Mataram terdapat penurunan jumlah kunjungan pasien di Puskesmas Karang Taliwang. Berdasarkan data tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan puskesmas di Kota Mataram. Metode: Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Sampel yang digunakan adalah semua pasien yang berobat ke 8 Puskesmas di Kota Mataram. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis bivariat menggunakan metode uji spearman, dan analisis multivariat menggunakan uji regresi liniear berganda untuk mengetahui pe ngaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap citra Puskemas. Hasil: Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap citra Puskesmas di Kota Mataram adalah variabel pelayanan sarana dan prasarana, tenaga kesehatan dan pelayanan administrasi. Berdasarkan hasil uji ANOVA, nilai p yang didapatkan adalah 0,000. Nilai Adjusted R2 yang didapatkan adalah 0,683, hal ini menunjukan bahwa persamaan yang didapatkan mempunyai diskriminasi yang baik. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan sarana dan prasarana puskesmas, tenaga kesehatan, tenaga non kesehatan, pelayanan adminitrasi, jaminan pelayanan puskesmas terhadap citra Puskesmas di Kota Mataram. Kata kunci: Persepsi Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Citra Puskesmas.

References

1. Artastra, I. K., 2009, Prinsip-prinsip Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer di Indonesia. Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Mataram.

2. Al-Assaf, A.F., 2009, Mutu Pelayanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

3. Dahlan, M. Sopiyudin, 2008, Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan
Edisi 3, Penerbit Salemba Medika, Jakarta.

4. Hartono, Bambang, 2010, Promosi Kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

5. Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, PT Macanan Jaya Cemerlang, Klaten.

6. Puskesmas Kota Mataram, 2008, Profil Kesehatan Kota Mataram 2008, Puskesmas Kota Mataram, Mataram.

7. Puskesmas Karang Taliwang, 2011, Profil Puskesmas Karang Taliwang 2011, Puskesmas Karang Taliwang, Mataram.

8. Puskesmas Pagesangan, 2011, Profil Puskesmas Pagesangan 2011, Puskesmas Pagesangan, Mataram.

9. Retnowati, D. 2008. Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bringin Kabupaten Semarang (Analisis Tingkat Kepuasaan Masyarakat). Universitas Diponegoro. Semarang.

10. Sastroasmoro, Sudigdo, dan Sofyan Ismael, 2011, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis, Edisi ke-4, Sagung Seto, Jakarta.

11. Setiadi, Nugroho J., 2005, Perilaku Konsumen – Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Prenada Media, Jakarta.

12. Sujianto, A.E., 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0, Penerbit Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta.

13. Supratman dan Hufron, A. 2008. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasaan Pasien di Puskesmas Penumping Kota Surakarta. UMS. Surakarta.

14. Susanto, 1997, Manajemen Aktual. Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

15. Syahrizal, B. M., 2009, Konsep Mutu dalam Lembaga Pelayanan Kesehatan. Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Mataram.

16. Yamit, Zulian, 2004, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.
Published
2017-10-26
Section
Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>