Tindakan Litotripsi Transuretra Pada Batu Kandung Kemih Ukuran Besar Di RS Harapan Keluarga Mataram

Authors

  • Akhada Maulana Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Pandu I. Nandana Fakultas Kedokteran Universitas Mataram
  • Novita L. Salatiah Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jku.v7i4.319

Keywords:

Batu kandung kemih ukuran besar – litotripsi transuretra

Abstract

Latar belakang: Angka kejadian batu buli cukup tinggi di negara berkembang, dengan banyak kejadian batu berukuran besar. Pada kasus ini ditemukan batu buli dengan ukuran >3 cm dan berhasil dilakukan pengambilan batu tanpa melalui prosedur bedah terbuka.

Tujuan: Untuk melaporkan satu kasus tindakan litotripsi transuretra pada pasien batu kandung kemih dengan ukuran besar (> 3 cm). Tindakan litotripsi jarang dilakukan pada kasus ini,  karena biasanya harus dilakukan pembedahan untuk mengangkat batu dengan ukuran besar.

Metode: Suatu kasus, seorang laki-laki usia 58 tahun mengeluh kencing tidak lancar dan nyeri sejak 16 tahun yang lalu. Kencing terkadang berwana merah. Pemeriksaan fisik dalam batas normal. Dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan laboratorium, BNO, dan USG urologi. Kemudian dilakukan operasi pengangkatan batu dengan prosedur litotripsi transuretra.

 Hasil: Pada BNO didapatkan gambaran batu buli ukuran 3,9 x 2,71 cm. Kemudian dilakukan tindakan litotripsi transuretra selama 1 jam dan batu buli-buli berhasil dikeluarkan dalam bentuk pecahan kecil. Pasien pulang membawa kateter dan beberapa hari kemudian kateternya dilepas.  Pasien bisa kencing spontan lancar.

Kesimpulan: Tindakan litotripsi pada kasus batu buli ukuran besar jarang dilakukan, terutama di NTB. Pada kasus ini, dengan tindakan litotripsi alhamdulillaah batu berhasil dikeluarkan dalam pecahan-pecahan kecil. Tidak ditemukan komplikasi pada pasien ini.

Published

2018-12-28

How to Cite

Maulana, A., Nandana, P. I., & Salatiah, N. L. (2018). Tindakan Litotripsi Transuretra Pada Batu Kandung Kemih Ukuran Besar Di RS Harapan Keluarga Mataram. Jurnal Kedokteran, 7(4), 23. https://doi.org/10.29303/jku.v7i4.319

Issue

Section

Case Report

Most read articles by the same author(s)