Revisi dan Implementasi Panduan Rotasi Klinik (Logbook)-Studi Kasus dalam Pendidikan Klinik di FK Universitas Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/jku.v8i3.348Kata Kunci:
clinical rotation guidance, logbook, clinical education.Abstrak
Latar belakang:
Panduan rotasi klinik (logbook) dalam pendidikan klinik sangat penting untuk memberikan struktur dan fokus kegiatan belajar mengajar baik bagi mahasiswa maupun dosen klinik. Implementasi pendidikan klinik sendiri banyak menghadapi tantangan, namun demikian permasalahan dan tantangan pada masing-masing fakultas kedokteran berbeda-beda. Fakultas Kedokteran UNRAM (FK UNRAM) yang baru berusia 13 tahun ini tentu memiliki tantangan tersendiri. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi selama proses revisi dan implementasi panduan.
Metode: Studi kasus dilaksanakan dengan pencatatan selama proses revisi dan implementasi kurikulum. Analisis dilakukan dengan melakukan refleksi terhadap proses revisi yang berjalan.
Hasil: Sebelum proses revisi, 10 dari 13 bagian klinik telah memiliki panduan. Namun permasalahan utama yang dihadapi adalah belum adanya keseragaman persepsi tentang panduan rotasi klinik dan isinya. Proses revisi diawali dengan sosialisasi untuk membangun komitmen bersama. Jajaran pimpinan FK UNRAM berkontribusi penting dalam menggalang komitmen serta memberikan dukungan terhadap proses revisi yang dipimpin oleh Medical Education Unit (MEU). Melalui konsolidasi internal MEU mengembangkan format panduan yang akan digunakan. MEU memberi pendampingan kepada bagian klinik hingga rancangan panduan baru disepakati kemudian disahkan. Sebelum implementasi, sosialisasi terhadap dosen klinik maupun mahasiswa dilakukan untuk memastikan kelancaran implementasi. Bagian juga difasilitasi oleh MEU untuk mendapatkan pelatihan bagi pembimbing klinik.
Kesimpulan: Revisi panduan rotasi klinik pada dasarnya adalah mengubah sistem dan kurikulum pendidikan klinik. Komitmen bersama bagian klinik, keterlibatan dan dukungan jajaran pimpinan, pelibatan aktif klinisi dalam pengambilan keputusan, serta sosialisasi panduan kepada seluruh pihak yang akan terlibat mendukung keberhasilan proses ini.
Referensi
2. Dennick R. Case study 2: use of logbooks. Medic Educ. 2000; 34(Suppl.1): S 66-68
3. Schutttpelz-Brauns K, Narciss E, Schneyinck C, Bohme K, Brustle P, Mau-Holzmann U. et al. Twelve tips for successfully implementing logbooks in clinical training. Med Teach [internet]. 2016 [diakses tanggal 27 September 2016], 38: 564-569. Tersedia dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4926785/pdf/imte-38-564.pdf
4. Jacobs JCG, Bolhuis S, Bulte JA, Laan R, & Holdrinet RSG. Starting learning in medical practice: an evaluation of a new introductory clerkship. Med Teach. 2005; 27(5): 408-414.
5. Chiesa D, Escalante R, van Wyk J, Bollela V. Evaluating logbooks to improve clerkship learning experiences. Med Educ. 2013; 47: 1122-1123.
6. Ramani, S. & Leinster, S. AMEE Guide no. 34: Teaching in clinical environment. Med Teach. 2008; 30: 347-364.
7. Khorashadizadeh F, & Alavinia SM. Students’ perception about logbooks: Advantages, limitation and recommendation – a qualitative study. J Pak Med Assoc [internet], 2012 [diakses tanggal 28 September 2016], 62(11): 1184–1186. Tersedia dari: http://www.jpma.org.pk/PdfDownload/3799.pdf
8. Macallan DC, Kent A, Holmes SC, Farmer EA, & McCrorie P. A model of clinical problem-based learning for clinical attachments in medicine. Med Educ. 2009; 43: 799-807.
9. Tiwari A, Lai P, So M, & Yuen K. A comparison of the effects of problem-based learning and lecturing on the development of students’ critical thinking. Med Educ; 2006; 40: 547-554.
10. Norcini JJ. Workplace assessment. Dalam: Swanwick T, editor. Understanding medical education: Evidence, theory and practice. London: Wiley-Blackwell; 2010. hlm 232-245
11. Wimmers PF, Schmidt HG & Splinter TA. Influence of clerkship experiences on clinical competence. Med Educ. 2006; 40(5): 450–458.
12. Huang GC, Almeida JM, & Roberts DH. Reaching the limits of mandated self-reporting: Clinical logbooks do not predict clerkship performance. Med Teach. 2012; 34: 185-18.